Pria yang memenangkan lotre sebanyak 14 kali

Pria yang memenangkan lotre sebanyak 14 kali – Pada Rabu malam, seorang warga California memenangkan lotere Powerball senilai $1,08 miliar, salah satu hadiah terbesar dalam sejarah. Namun ini bukanlah kemenangan yang paling mustahil. Kami menerbitkan ulang cerita dari Agustus 2018 tentang seorang ekonom yang menyempurnakan lotere.

Tepat setelah jam 11 malam pada tanggal 15 Februari 1992, mesin janky ball di Markas Besar Lotere Negara Bagian Virginia mengeluarkan 6 nomor pemenang di siaran langsung televisi: 8… 11… 13… 15… 19… 20.

Dalam beberapa hari mendatang, para pejabat akan mengetahui bahwa satu “orang” telah mendapatkan tidak hanya jackpot $27.036.142, tetapi juga 6 hadiah kedua, 132 hadiah ketiga, dan 135 ribu hadiah kecil yang secara kolektif bernilai $900rb lainnya.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah kisah lotere yang paling aneh dan paling mustahil dalam sejarah – yang melibatkan ribuan investor internasional, lusinan sistem komputer yang rumit, dan seorang ahli matematika yang mendalangi seluruh operasi dari belahan dunia lain.

Ini adalah kisah tentang orang yang “bermain” lotere dengan membeli setiap kombinasi yang mungkin.

Pada akhir tahun 1960-an, seorang ekonom muda Rumania bernama Stefan Mandel sedang berjuang untuk bertahan hidup.

Pada saat itu, Rumania berada di bawah pemerintahan Komunis yang menindas, suatu periode yang dirusak oleh kemiskinan, kekurangan lapangan kerja dan pangan, serta “kesengsaraan yang mendalam.” Gaji Mandel sebesar 360 lei (US$10) sebulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan, seperti yang kemudian ia ceritakan kepada Planet Money, ia memerlukan cara untuk “mendapatkan sejumlah besar uang dengan cepat.”

Banyak orang Rumania yang berada dalam situasi sulit seperti Mandel, karena kebutuhan, beralih ke kehidupan kriminal. Namun Mandel, yang menyebut dirinya sebagai “filsuf-matematikawan”, melihat jalan keluar lain: Lotere.

Mari kita mundur selangkah ke sini: Orang bodoh macam apa yang ingin memenangkan lotre? Anda benar-benar lebih mungkin memenangkan medali emas Olimpiade, memiliki kembar lima yang identik, atau dihancurkan oleh mesin penjual otomatis.

Ya, Mandel bukan sembarang orang – dia adalah seorang ahli angka yang menghabiskan setiap menit luangnya menganalisis makalah probabilitas teoretis yang ditulis oleh matematikawan abad ke-13 Leonardo Fibonacci. Dan, setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, dia menulis “algoritma pengambilan angka” berdasarkan metode yang dia juluki “kondensasi kombinatorial.”

“Saya seorang ahli matematika akhir pekan, seorang akuntan yang tidak memiliki banyak pendidikan,” katanya kemudian kepada sebuah majalah Rumania. “Tetapi matematika yang diterapkan dengan benar dapat menjamin kekayaan.”

Begini cara kerjanya.

Jika seorang pemain memilih 6 angka dalam lotere 49 bola, peluangnya untuk menang adalah 1 banding 13.983.816. Jika dia memilih 15 nomor (yang memerlukan pembelian 5.005 permainan — satu untuk setiap kemungkinan kombinasi), peluangnya untuk menang meningkat menjadi 1 dalam 2.794. Mandel mengklaim bahwa algoritmanya dapat mengurangi 5.005 kombinasi ini menjadi hanya 569.

Jika 6 nomor pemenang termasuk di antara 15 pilihannya, dia dijamin memenangkan setidaknya hadiah kedua dan ratusan hadiah lebih kecil — dan dia memiliki peluang 1 dari 10 untuk memenangkan hadiah utama.

Mandel bersatu dengan 4 temannya yang masing-masing membeli 228 tiket setiap undian.

Secara ajaib (dan dengan banyak keberuntungan), ia memenangkan hadiah pertama sebesar 72.783 lei (sekitar US$2k, atau $16,8k disesuaikan dengan inflasi). Setelah mengeluarkan uang, dia pergi dengan uang yang cukup untuk menyuap pejabat kementerian luar negeri dan meninggalkan Rumania untuk hidup baru – dan mendapatkan jackpot yang lebih besar.

Mengubah kemenangan lotere menjadi bisnis
Setelah 4 tahun menjelajahi Eropa, Mandel menetap di Australia dan mulai bermain lotre dengan cara yang berbeda.

Dalam lotere biasa, serangkaian angka dalam kisaran tertentu (katakanlah, 1-50) dipilih secara acak; jika urutan Anda cocok, Anda memenangkan jackpot. Peluang menang didasarkan pada jumlah kemungkinan kombinasi angka-angka ini, seringkali dalam jutaan.

Namun Mandel menyadari sesuatu: Dalam lotre tertentu, jackpot akan naik hingga lebih dari 3x biaya pembelian setiap kombinasi.

Misalnya, sebuah lotere memerlukan 6 pilihan angka antara 1 dan 40. Ini akan menghasilkan 3.838.380 kemungkinan kombinasi angka (kalkulator di sini). Sekarang, katakanlah lotere yang sama memiliki jackpot $10 juta. Secara teori, Mandel dapat membeli tiket untuk setiap kombinasi seharga $1 masing-masing dan dijamin menang — dan, setelah pajak, mendapat keuntungan yang layak.

Mandel menyatakan bahwa “siswa matematika sekolah menengah mana pun dapat menghitung kombinasinya.” Namun metode ini mengalami beberapa kemunduran logistik yang besar. Bagaimana dia mendapatkan modalnya? Dan bagaimana mungkin dia bisa mengisi ratusan ribu tiket, nomor demi nomor?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top